Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Breaking News:

latest

Visi dan Misi

Visi Program Studi S1 Kimia Fakultas Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry dirumuskan secara konsisten dan mengacu dengan visi lembaga. Visi UIN Ar-Raniry, Fakultas Sains dan Teknologi, dan Prodi S1 Kimia dapat dijabarkan secara rinci sebagai berikut:
Visi UIN Ar-Raniry 
 “Menjadi Universitas yang unggul dalam pengembangan dan pengintegrasian ilmu keislaman, sains, teknologi dan seni”.
Visi Fakultas Sains dan Teknologi 
“Menjadi fakultas yang unggul dalam mengintegrasikan Islam dengan Sains-Teknologi berbasis pada pemanfaatan potensi sumber daya lokal”
Visi Prodi S1 Kimia
Menjadi program studi Kimia yang unggul di Indonesia pada tahun 2034 dalam pengintegrasian Islam dengan kimia yang berbasis pada sumber daya alam lokal.
Misi Prodi S1 Kimia
a.  Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran ilmu kimia yang dilandasi semangat integrasi dan interkoneksi Islam yang bersumber pada al-Qur’an dan Sunnah dengan kajian potensi sumber daya alam Aceh.
b. Menyelenggarakan pembelajaran untuk menghasilkan sarjana ilmu kimia yang Islami dan berkompeten dalam mengaplikasikan ilmunya dan mengembangkan diri secara universal dengan tidak melupakan kearifan lokal.
c. Melaksanakan penelitian dalam pengembangan keilmuan bidang kimia yang terintegrasi dengan Islam dan berbasis sumber daya alam Aceh sesuai dengan perkembangan teknologi terkini.
d. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang terfokus pada penelitian bidang kimia yang bermanfaat pada masyarakat dan dapat menambah nilai guna dan hasil guna potensi daerah
Tujuan Prodi S1 Kimia
a.  Menghasilkan sarjana yang berkompeten di bidang kimia yang berlandaskan al-Quran dan Sunnah dengan kajian potensi sumber daya alam Aceh dan mampu bersaing dalam dunia kerja secara nasional dan internasional. 
b.  Menghasilkan sarjana yang profesional dan Islami dalam mengaplikasikan ilmu kimia dan mampu mengembangkan diri sebagai insan berwawasan global dengan tidak melupakan kearifan lokal.
c. Menghasilkan penelitian dan produk penelitian di bidang kimia terkait rumput laut, kopi, kelapa sawit dan lainnya yang berbasis pada potensi alam Aceh yang bermutu global serta sesuai dengan nilai-nilai Islami.
d.  Mampu memberdayakan masyarakat dalam pengolahan rumput laut, kopi, kelapa sawit dan sumber daya alam Aceh lainnya melalui penerapan ilmu kimia yang terintegrasi pada nilai-nilai Islami.
Mahasiswa dan Lulusan
1.  Penyempurnaan profil lulusan Prodi Kimia.
2.  Peningkatan pendampingan dosen dalam proses kompetisi ilmiah untuk meningkatkan prestasi mahasiswa Prodi Kimia.
3. Peningkatan promosi Prodi Kimia ke Sekolah Menengah Atas untuk meningkatkan rasio peminat melalui brosur, media sosial, webpage Prodi Kimia dan berbagai kegiatan kreativitas mahasiswa. 
4. Job Placement melalui peningkatan komunikasi dengan pemangku kepentingan untuk memperpendek masa tunggu lulusan.
5.  Meningkatkan kualitas lulusan Prodi Kimia melalui peningkatan intensitas pembimbingan, proses pembelajaran, dan layanan akademik maupun non-akademik.

Tidak ada komentar