Post

6/recent/ticker-posts

Dosen Prodi Kimia Menjadi Narasumber di DPMG Kabupaten Aceh Besar

 

Kota Jantho (Aceh Besar) - Rabu 18 Oktober 2023. Dalam upaya meningkatkan pemahaman teknologi dan mendukung pemberdayaan masyarakat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Kabupaten Aceh Besar mengadakan Rapat Koordinasi dan Bimbingan Teknis berupa program pelatihan Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) yang bertajuk "Pilot Project Posyantek ASIK (Aktif, Senang, Inovasi dan Kreatif)" sukses digelar. Program ini bertujuan membekali masyarakat dengan keterampilan teknologi yang relevan untuk mendukung perkembangan ekonomi, pendidikan, dan kesejahteraan.

"Posyantek ASIK" adalah inisiatif kolaboratif Dinas DPMG Kab. Aceh Besar yang melibatkan pemerintah pusat (kementerian), perguruan tinggi, dan organisasi non-pemerintah serta perangkat desa. Program ini berfokus pada memberikan pelatihan teknologi kepada masyarakat yang tinggal di berbagai lapisan dan wilayah di Kabupaten Aceh Besar.

Beberapa bulan terakhir pada gelaran Teknologi Tepat Guna (TTG) 2023, Kabupaten Aceh Besar merupakan pemenang Lomba Posyantek pada gelaran tersebut. Untuk menambah dan meningkatkan pemahaman para masyarakat diperlukan bimbingan teknis. Narasumber yang hadir dari unsur DPMG Provinsi Aceh yang diwakili oleh Bapak Faisal S.IP., MM., dan Bapak Muhammad Ridwan Harahap, M.Si dari Prodi Kimia Fak. Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Materi pelatihan mencakup pemahaman dasar pembentukan Posyantek, pemanfaatan teknologi, aplikasi produktivitas, dan teknik pengembangan alat tepat guna.

Program "Posyantek ASIK" bukan hanya memberikan pelatihan teknologi, tetapi juga mendukung berbagai proyek masyarakat yang menggunakan teknologi untuk meningkatkan kualitas hidup. Peserta diberikan kesempatan untuk menerapkan keterampilan yang mereka pelajari dalam berbagai proyek, seperti mengembangkan alat budi daya lokal, solusi pertanian cerdas, dan layanan kemudahan teknologi.

Kepala DPMG Kabupaten Aceh Besar, Bapak Carbaini, S.Ag, menyatakan, "Program "Posyantek ASIK" adalah langkah penting menuju inklusi pemanfaatan dan pengembangan teknologi untuk masyarakat. Ini juga membantu masyarakat kita merasakan manfaat teknologi modern, sehingga mereka dapat berpartisipasi dalam kemajuan teknologi yang berkembang pesat."

Hadir Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Besar Bapak Drs. Sulaimi, M.Si, Bapak Kepala Dinas DPMG Kab. Aceh Besar beserta Kepala Bidang SDA dan TTG Kab. Aceh Besar Ibu Sri Wahyuna, SH, MH untuk membuka kegiatan tersebut. Peserta berasal dari para perwakilan pengurus gampong dan pendamping desa dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia.

Program pelatihan teknologi tepat guna seperti "Posyantek ASIK" akan terus diperluas dan diperbarui untuk mendukung lebih banyak masyarakat di seluruh Kabupaten Aceh Besar. Pemberdayaan melalui teknologi akan tetap menjadi fokus utama untuk memastikan bahwa setiap warga negara dapat mengakses peluang yang ditawarkan kedepannya.


Posting Komentar

0 Komentar