Post

6/recent/ticker-posts

Mahasiswa Kimia kembali raih Medali Emas pada Olimpiade Nasional OASE se-PTKI Indonesia

Syifa, Mahasiswa Kimia FST yang tergabung dalam Tim Inovasi Produk Halal UIN Ar-Raniry

Jakarta-Syifaul Rahmah, mahasiswa Prodi Kimia FST UIN Ar-Raniry bersama Tim Inovasi Produk Halal UIN Ar-Raniry Lisya Miftahul Jannah dan Zikri Abdi Maulana berhasil mengharumkan nama UIN Ar-Raniry dalam perhelatan Olimpiade Nasional di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Tim ini mengenalkan produk yang diberi nama Dermivera "Halal anti-Acne Gel with Acehnese Aromatherapy". Karya inovasi produk halal dan ketahanan pangan kontingen UIN Ar-Raniry Banda Aceh berhasil menyabet Medali Emas" berhasil mengungguli Karya Inovasi dari Kontingen UIN Alauddin Makasar dan UIN Walisongo Semarang yang berada di urutan ke-2 dan ke-3.

Tim sedang menjelaskan detail produk kepada pengunjung di stand pameran inovasi OASE 

Para Juri menilai karya Kontingen UIN Ar-Raniry memiliki nilai novelty, inovasi dan kreativitas yang cukup tinggi melalui 5 isu yang diperkenalkan dalam produknya. Selain isu halal dari gelatin ikan leubiem, produk Dermivera juga mengangkat isu pemamfaatan limbah kulit ikan, isu ekstraksi hijau asam belimbing wuluh serta isu bahan alam kearifan lokal dari antibakteri ekstrak belimbing wuluh dan aromaterapi ekstrak bunga kenanga.

Pun demikian, para juri tetap memberi beberapa catatan dan masukan terkait komposisi ekstrak bunga selanga yang perlu ditingkatkan serta produk didorong untuk diteliti lebih lanjut ke tahap uji in-vivo dan uji klinis.

Para Juri berharap produk Dermivera tidak berhenti inovasi nya sampai disini, tetapi terus dikembangkan hingga bisa diperkenalkan dan bersaing di pasar komersial.

Muammar Yulian, Ketua Prodi Kimia yang juga Pembina tim inovasi produk halal bersama Muslem, M.Sc memberikan apresiasi kepada adik-adik mahasiswa atas kerja keras dan dedikasi nya yang luar biasa hingga harus bekerja all out di laboratorium bahkan hingga malam hari. Tim ini luar biasa karena latar belakang pendidikan tiap anggota tim yang berbeda membuat diskusi dan kerja dalam tim penuh warna dan dinamika positif dimana masing-masing tim saling mengisi satu sama lain.
Tim Inovasi Produk Halal bersama Dosen Pembina (Muslem, Syifa, Zikri, Lisya dan Muammar)



Posting Komentar

1 Komentar

  1. What were the key factors that contributed to the Chemistry students' success in achieving the Gold Medal at the OASE National Olympiad? greeting : Telkom University

    BalasHapus