Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Breaking News:

latest

Struktur Kurikulum Prodi Kimia Tahun 2015

Kurikulum Prodi S1 Kimia memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnya yang mendukung...


Kurikulum Prodi S1 Kimia memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnya yang mendukung tercapainya tujuan, terlaksananya misi dan terwujudnya visi Prodi S1 Kimia. Kurikulum Prodi S1 Kimia disusun dengan studi pustaka pada struktur kurikulum Kimia dari beberapa Perguruan Tinggi Negeri serta mempertimbangkan ketentuan dan rekomendasi asosiasi nasional Kimia yaitu Himpunan Kimia Indonesia (HKI).

Kurikulum Prodi S1 Kimia yang berlaku adalah periode 2014/2015 sampai 2015/2016. Evaluasi pembelajaran pada tiap semester digunakan sebagai upaya pembenahan dan pengembangan untuk kesesuaian dengan visi, misi, sasaran dan tujuan program studi serta masukan dari kegiatan workshop kurikulum. Pengembangan kurikulum juga mengacu pada perkembangan kurikulum ilmu kimia secara nasional dan internasional melalui saran dari berbagai pihak pada pelaksanaan program lokakarya kurikulum dan institusi lain.

Prodi S1 Kimia telah melakukan perubahan kurikulum yang berlaku untuk periode 2016/2017 sampai 2021/2022. Beberapa kegiatan telah diikuti oleh para dosen Prodi S1 Kimia untuk memperkaya wawasan tentang substansi beberapa mata kuliah. Kegiatan tersebut antara lain:
1. Workshop Arah Pengembangan Kelembagaan UIN Ar-Raniry pada 17 Februari 2015 di Ruang Sidang Rektorat lantai 2.
2. Workshop Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi UIN Ar-Raniry yang merujuk pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia pada 29-30 April 2015 di Ruang Sidang Rektorat lantai
3. Lokakarya Penguatan Kurikulum Program Studi Kimia Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) di Hotel Hermes Banda Aceh pada tanggal 22-24 Juni 2015.
4. Workshop Pengembangan Kurikulum Fakultas pada Fakultas Sains dan Teknologi yang diselenggarakan di Gedung Teater UIN Ar-Raniry pada tanggal 17-18 September 2015.
5. Seminar Pendidikan dan Jaring Pendapat Stakeholder pada Fakultas Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry tanggal 18 September 2015 di Gedung Museum Ruang Teater.

Prodi S1 Kimia melakukan peninjauan kurikulum pada ganjil 2015/2016 yang melibatkan sivitas akademika, pengurus HKI, dan calon pengguna lulusan. Kurikulum hasil tinjauan ini berlaku tahun ajaran Ganjil 2016/2017 sampai Genap 2021/20122.

Mekanisme pelaksanaan peninjauan kurikulum meliputi:
1. Mengikuti pertemuan melalui kegiatan lokakarya serta mengumpulkan masukan secara tertulis maupun tidak tertulis dari pihak-pihak terkait. Hasilnya digunakan sebagai acuan untuk menyusun kurikulum. Beberapa lokakarya yang telah diikuti oleh para dosen Prodi S1 Kimia untuk mendukung peninjauan kurikulum adalah audiensi struktur kurikulum dengan para stakeholder (17 September 2015) dan workshop kurikulum berbasis KKNI plus (18 September 2015).
2. Perubahan kurikulum dilakukan melalui rapat pleno yang dihadiri oleh semua dosen. Hasilnya:
a. adanya mata kuliah yang dipertahankan dengan menyempurnakan SAP (Satuan Acara Perkuliahan) dengan mempertimbangkan isu terkini
b. adanya mata kuliah yang mengalami perubahan beban SKS adanya mata kuliah yang dihapus dan diganti dengan mata kuliah lain adanya perubahan posisi mata kuliah dari semester genap ke ganjil atau sebaliknya.
c. adanya mata kuliah yang displit dengan mempertimbangkan kedalaman dan keluasan materi serta pencapaian kompetensi mahasiswa.
Hasil peninjauan kurikulum ini dapat didownload DI SINI.

Tidak ada komentar