Post

6/recent/ticker-posts

Industrial Visit and Student Mobility Mahasiswa Prodi Kimia bersama HIMASAKI UIN AR-RANIRY

 

Kunjungan Industri merupakan agenda Prodi Kimia yang diimplementasikan bersama dengan Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMASAKI) Fakultas Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry. Kunjungan industri ini biasa dikemas dalam agenda tahunan yang dinamakan dengan “Industrial Visit”. Kegiatan ini dilaksanakan untuk seluruh mahasiswa Prodi Kimia Sains dan Teknologi. Selaku Ketua Panitia kegiatan Kunjungan Industri ini, Ivan Zikri menyebutkan bahwa "Kami ingin adanya improvisasi dalam kegiatan ini, yang awal nya dari tingkat daerah, provinsi dan kali ini kita ingin ke tingkat internasional" Kegiatan ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun akademik 2022/2023, tepatnya pada tanggal 21-25 November 2022. Pemilihan waktu ini dipertimbangkan supaya mahasiswa dapat mengikuti kegiatan perkuliahan terlebih dahulu hingga selesainya masa Ujian Tengah Semester (UTS).



Setiap tahun ajaran baru, Prodi Kimia melaksanakan kegiatan Kunjungan Industri dan tahun ini lingkupan kegiatan nya di tingkat internasional. Ketua Prodi Kimia, Muammar Yulian menyebutkan "Kegiatan ini sangat bermanfaat, harapannya ada tindak lanjut dari pihak MSU, Pabrik Coklat dan UKM seperti sharing research, pertukaran mahasiswa dan pertukaran narasumber antara dosen UIN Ar-Raniry dengan dosen MSU dan UKM". Prof. Dr. Saifullah, S.Ag., M.Ag. selaku Wakil Rektor III UIN Ar-Raniry juga menambahkan bahwa "Kegiatan ini sangat bagus untuk membangun kerjasama dengan kampus yang ada di Malaysia dan jika kegiatan ini berhasil, maka kedepannya pihak Universitas akan mendukung pendanaan kegiatan ini". Adapun tempat yang dikunjungi di negeri jiran ini yaitu Management Sciences Universiti (MSU), pabrik coklat Beryl's Factory dan Universiti Kebangsaan Malaysia. 



Kegiatan ini banyak memberikan manfaat untuk mahasiswa dan mendapat berbagai macam edukasi, salah satunya adalah Forensic Chemistry yang merupakan salah satu aplikasi ilmu kimia di bidang hukum. Mahasiswa juga mendapat edukasi tentang proses pembuatan coklat dari biji hingga menjadi produk. Reni Silvia Nasution, sebagai dosen pendamping dari Prodi berharap agar ke depan kegiatan ini dapat dirancang dengan lebih matang sehingga luaran yang dihasilkan juga akan lebih baik. Kegiatan ini tidak semata kegiatan kunjungan industri, pada kesempatan ini para peserta juga ikut menikmati indahnya kota Kuala Lumpur di waktu senggang kegiatan.



Posting Komentar

0 Komentar