Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Breaking News:

latest

Diskusi tentang Produksi Wood Polyvinyl Chloride

Prodika (23/1/17) . Di minggu terakhir kegiatan pendampingan oleh ahli polimer dari Jerman, Prodi Kimia mengadakan diskusi antara dosen d...


Prodika (23/1/17). Di minggu terakhir kegiatan pendampingan oleh ahli polimer dari Jerman, Prodi Kimia mengadakan diskusi antara dosen dengan Prof. Helmut Vogel tentang peluang pengembangan usaha di bidang polimer di Banda Aceh yang berbasis sumber daya alam sekitar. Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari dari tanggal 23-26 Januari 2017 di ruang kuliah lantai 2 gedung FST. Kegiatan ini diikuti semua dosen Prodi Kimia secara aktif.

Bertemakan polymer goes green, kegiatan ini mendiskusikan penerapan polimer dengan memanfaatkan materi yang tidak terpakai di sekitaran Banda Aceh. Kegiatan ini diawali dengan survey lokasi ke daerah jalan lintas timur hingga ke Aceh Jaya. Prof. Helmut mengangkat obyek limbah kayu berupa serbuk kayu bekas penggergajian (wood dust) untuk diolah menjadi bahan meubel bernilai jual yang lebih tinggi. Bahan ini dicampur dengan PVC melalui mesin pencampur untuk menghasilkan bahan sejenis fiber yang mampu mempercantik ruangan dan tahan terhadap lembab dan air.

Melalui diskusi ini yang diikuti oleh Dekan FST, Dr. M. Dirhamsyah, M.Eng., kampus Islami ini dapat mengurangi permasalahan limbah industri kayu dan juga masalah lulusan yang gelap akan dunia kerja. Diskusi ini juga menghasilkan pemetaan kebutuhan untuk membangun laboratorium FST terpadu dan produktif yang menghasilkan produk yang mampu menyerap tenaga kerja terutama alumni FST UINAR.

Tidak ada komentar