Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Breaking News:

latest

Kuliah Umum tentang Green Chemistry

Prodika (1/11/16) . Dalam rangka meningkatkan kapasitas mahasiswa dan dosen, Prodi Kimia FST UINAR menyelenggarakan kuliah umum deng...



Prodika (1/11/16). Dalam rangka meningkatkan kapasitas mahasiswa dan dosen, Prodi Kimia FST UINAR menyelenggarakan kuliah umum dengan nara sumber Nina Hamidah, M.A., M.Sc. yang merupakan dosen Prodi Pendidikan Kimia FST UIN Suka Yogyakarta sekaligus mahasiawa program doktoral di University of Bremen.

Kegiatan ini bertemakan: " Penerapan Green Chemistry dalam Menghadapi Efek Pemanasan Global (GLobal Warming)" dan berlangsung di ruang sidang lantai 3 Gedung Pascasarjana UINAR. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa dan dosen prodi kimia serta beberapa tamu undangan dari seluruh prodi di lingkungan FST.

Dalam kegiatan ini, narasumber memberikan penjelasan tentang kimia berkelanjutan ini mulai dari pengantarnya, aplikasinya di negara Eropa, manfaatnya, dan perkembangannya selama ini yang dilihat dari penelitian terkini. Narasumber juga menekankan pentingnya penerapan kimia hijau ini untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup tanpa mengurangi kualitas eksperimen dan kegaiatan akademik dalam lingkungan ilmu kimia.

Pada kesempatan tanya jawab, para dosen dan mahasiswa terlihat antusias dan penasaran dengan bahan yang dibawakan oleh teh Nina ini (panggilan akrab narasumber-red). Salah satu pertanyaan yang menarik berkaitan dengan peran kimia hijau sebagai pelarut substituen dalam ekstraksi bahan alam yang sudah sangat tergantung pada pelarut toksik semacam metanol. Beliau menjelaskan bahwa untuk jangka pendek, green chemistry nampak belum menguntungkan dari segi efisiensi. Namun untuk jangka panjang dan skala industrial yang besar, penerapan bidang ini sangat menjanjikan karena lebih efisien dan ramah lingkungan. (AP)

1 komentar